Mengenal Teknik Editing Menggunakan Adobe Premier

Adobe Premier 

Assalamualaikum wr.wb
Halo teman teman perkenalkan nama saya Rahma Wati dari salah siswi SMK PGRI Pasir Sakti yang sedang melakukan prakerin di tempat kursus komputer terbaik di Lampung yaitu Metro Techno Solution.

Dalam tugas kali ini saya ingin akan membahas tentang teknik editing mengginakan adobe premier.

Adobe Premiere Pro merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, dan Pertelevisian. Salah satunya adalah BBCdan The Tonight Show Itu sudah sering digunakan untuk film-film, seperti Dust to GloryCaptain Abu Raed,dan Superman Returns, dan untuk tempat lain seperti Confessions Tour oleh Madonna.Adobe Premiere Pro memiliki sekitar 45 efek video dan 12 efek audio, yang bisa untuk mengubah pola tampilan dan menganimasikan klip video dan audio. Beberapa efek memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi. Namun dari 45 efek itu, hanya 3 efek saja yang memerlukan kartu grafis kelas tinggi (misal. AMD atau NVIDIA) agar bisa diaplikasikan pada klip video. Anda juga bisa menambahkan produk efek dari pihak ketiga yang mendukung Adobe Premiere Pro. Disamping itu, Adobe Premiere Pro juga memiliki sekitar 30 macam transisi (perpindahan antar-klip) sehingga peralihan antara klip video satu ke klip video selanjutnya lebih dinamis. Sama seperti efek, beberapa tranisi juga memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi seperti AMD atau NVIDIA. Ada 5 transisi yang memerlukan kartu grafis AMD atau NVIDIA agar bisa diaplikasikan.
Adobe Premiere Pro memiliki fitur - fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Pada Titler, anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Cara Edit Video di Adobe Premiere Untuk Pemula

Ada beberapa hal sangat penting dari penggunaan Adobe Premiere Pro yang memang harus Anda ketahui, dalam segi aspek spesifikasi komputer yang Anda gunakan saat ini. Ogasite sangat merekomendasikan menggunakan komputer dengan RAM minimum 4GB, dan Prosessor Intel Celeron dual Core atau yang setara. Pastinya spesifikasi diatas rekomendasi tentu akan lebih bagus untuk dijalankan, apalagi sudah menggunakan storage ssd.
1. Buka Adobe Premiere Pro di komputer Anda, Pilih “New Project”untuk memulai editing video. Lalu Anda bisa menambahkan Nama Project itu, Lokasi penyimpanan file project, dan settingan lainnya.
Cara Membuat Project di Adobe Premiere
2. Sebelum melakukan editing, kita membuat Sequence ( Ctrl + N ) atau dalam istilah lain ini di ibaratkan seperti scene. Belum paham juga ? atau gini deh, Anda punya video Episode 1, Episode 2, dst..
Nah Anda bisa menyimpan ke 3 episode tersebut dalam 1 Project file Adobe Premiere. Ketika dibuka Misal Sequence 1 adalah file editing episode 1, Sequence 2 dari file editing episode 2, dan seterusnya.
Cara Membuat Squence di Adobe Premiere
3. Pada tahapan Suquence ini bagian yang paling penting menurut kami, kenapa ? Karena kita akan memilih resolusi editing.
Kita tinggal sesuaikan dengan file video yang dimiliki, misal Anda mempunyai video Resolusi 720p atau 1080p dengan 30 FPS ( Frame rate per second ) dan silahkan memilih 1080p30 atau 720p30 tergantung video yang Anda punya.
Sebentar, bagaimana cara mengetahui ukuran resolusi dengan Fps itu ? Pergi ke lokasi file klik kanan pada video dan Properties > Details > disana terdapat informasi yang sudah mencakup dari resolusi hingga Fps.
File yang kami gunakan adalah 720p30 – Silahkan Anda bisa mengganti nama Sequence 1 misal dengan Episode 1 atau Scene 1 terserah ya. Lalu tekan saja OK.
Cara Membuat Squence di Adobe Premiere
4. Ini merupakan tampilan awal dari Adobe Premiere Pro, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia dibawah ini. Salah satunya paling penting adalah Timeline (Sequence) > dimana untuk menyatukan video yang akan kita edit dan menambah effect ataupun suara.
Tampilan Utama Adobe Premiere

Import Video Kedalam Project

5. Rasanya percuma saja kalau belum import video kedalam Adobe Premiere Pro, apa yang mau kita edit ? Kalau tidak ada videonya. Silahkan Anda menuju menu File > Import ( Ctrl+I ) dan pilih video sesuai lokasi yang kamu simpan ya.
Import Video di Adobe Premiere
6. Setelah mengimport video kedalam project, secara otomatis Adobe Premiere akan menyimpan video Anda di kolom Project – Nama Projectseperti dibawah ini.
Kolom Project di Adobe Premiere
7. Bahan video yang anda ingin edit sudah ditampung di kolom Project, Tugas Anda sekarang adalah memindahkan video kedalam timelinedengan cara Drag and Drop video.
Hasil Import Video di Adobe Premiere Pro
8. JIka anda berhasil melakukan Drag and Drop Video akan tampil seperti dibawah ini, Kita bisa melakukan beberapa kali dengan sesuai kebutuhan.
Drag And Drop Video Project ke Timeline
9. Mengenal fungsi tools dalam timeline yang menunjang kebutuhan editing, akan tetapi tidak akan semua digunakan dalam pengeditan, patokannya dalam penggunaan mouseAnda.
Tools Timeline

Pemotongan Video didalam Timeline

10. Untuk pemotongan durasi videoberada di timeline, Anda bisa menggunakan tools yang telah tersedia di timeline dengan Trim tool. Atau juga Anda bisa memotongnya dengan cara arahkan cursor ke ujung video sampai seperti tanda yang didalam kolom berwarna merah, lalu tinggal drag saja sesuai keinginan.
Pemotongan Video di dalam Timeline Adobe Premiere
11. Adapun kita setelah drag ujung video yang akan dilakukan bisa mengurangi durasi video ataupun memulihan video tersebut yang telah kita potong tadi.
12 .Kita busa perhatikan terdapat dua kotak pada kolom V1 mendakan Video 1, dan A1 adalah Audio 1, yang dimana ini saling keterkaitan. Anda bisa menghilangkan audio dengan cara klik kanan > Unlink
Cara Memisahkan Audio didalam Video Pada Timeline
13. Secara default atau bawaan sebelum di unlink, video dan audio ketiga di geser secara bersamaan tergeser, sedangkan setelah di unlinkakan bisa seperti dibawah ini dan Anda bisa menghapusnya.
14 .Lakukan penyusunan video secara bertahap dengan sebagaimana gambar dibawah ini, Pada kolom A1atau Audio anda bisa menambahkan sebuah musik ataupun Sound FXsesuai keinginan.
15. Kita pindah kedalam kolom Project > Klik Kanan > Import (Ctrl + I) audio yang sesuai keinginan Anda. Pada cara ini kita akan menambahkan musik dalam edit video di Adobe Premiere.

Menambahkan Musik atau Audio di Timeline

16. Bisa dilihat kolim dengan berwarna hijau adalah sebuah audio atau musik yang kami tambahkan didalam timeline. File musik atau audio tersebut terdapat dari import yang telah saya siapkan dan seperti cara sebelumnya adalah di Drag an Drop.
17. Audio terlalu panjang bukan ? Anda bisa menggunakan Trim Tools untuk memotong audio ataupun video yang terlalu lebih. Perhatikan dalam kolom berwarna merah, merupakan tanda audio yang akan dipotong.



Semoga bermanfaat ya teman teman

Wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kursus Komputer-Metro Techno Solution Lampung

Cara Menambahkan RAM

Desain Kemasan Makanan Khas Lampung